Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Kamis, 27 Januari 2011

    Dua Wajah Internet Sebagai Kekuatan Dunia Maya

    Internet di puja internet di cerca demikianlah masyarakatmemandang teknologi informasi tersebut. Internet tak ubahnya seperti dua sisi mata pisau jika digunakan dengan benar maka akan mendapatkan banyak manfaat tapi jika digunakan untuk hal yang buruk maka akan mendatangkan banyak bencana. Banyak kasus penculikan akibat jejaring sosial di internet yang kita sebut Facebook.  Facebook tidak hanya memberikan malapetaka bagi penggunanya, jadi jika sudah begini sepertinya diperlukan kebijakan bagi semua pengguna internet dalam memandang sebuah teknologi.

    Internet  atau smartphone  selalu memiliki dua wajah. Yang dimaksud dengan memiliki dua wajah adalah dia bisa digunakan untuk hal hal yang positif. Betapa banyak jurnal ilmiah yg  bisa diakses lewat internet. Betapa banyak sumber sumber informasi terpercaya juga bisa diakses lewat internet. Bahwa internet bisa menjadi  sarana mencerdaskan diri kita. Tergantung apakah kita bisa menggunakan itu untuk sisi kebaikan.

    Tapi kita akui yang namanya teknologi itu ada sisi negatifnya , betapa banyak kejahatan terjadi lewat internet. Bahkan ada suatu hasil penelitian bahwa saat ini tingkat perceraian sekarang ini meningkat karena ada unsur perselingkuhan, dan ada penelitian unsur perselingkuhan  juga itu ada saham handphone, ada saham internet bisa menggunakan jejaring sosial (facebook,tweter dll) bertemu lagi dengan bekas bekas pacar dulu waktu SMA, waktu kuliah bisa ngobrol lagi nyambung lagi yang akhirnya mengganggu keharmonisan rumah tangga. Juga kejahatan kejahatan lain yang sering banyak diberitakan ada penipuan,penculikan, perampokan itu semua juga bisa melalui teknologi handphone atau internet.

    Jadi dengan demikian kita tidak bisa memvonis bahwa internet itu positif tapi kita juga tidak bisa memvonis itu negatif. Tergantung “the man behind the high tegnology “atau siapa yang ada di belakang tegnologi itu. Dengan handphone, internet, laptop kita bisa  menjadikan itu sarana silaturahmi, sarana dakwa, sarana untuk menyebar kebaikan serta sarana untuk mencerdaskan diri kita. Tetapi juga untuk menyebar fitnah, menyebar keburukan juga sama bisa menggunakan media tersebut.

    Didalam kitab suci Alquran Allah berfirman bahwa manusia itu adalah makluk yg oleh Allah diberi kelebihan, diantara kelebihan manusia adalah Allah telah mengajarkan kepada Adam nama nama, yang dimasud mengajarkan nama nama  disini adalah manusia adalah makluk yang bisa memformulasikan realita sehingga dengan formula formula pemikiran manusia, manusia bisa membangun peradaban. Sekarang bagaimana kita sebagai manusia yang oleh Allah  dikaruniai akal dan dikaruniai  hati untuk kita isi akal dan hati kita dengan nilai nilai kebenaran.

    Apabila akal dan hati kita sering diisi dengan nilai nilai kebenaran maka pola pikir kita akan menjadi lebih islami , pola pikir kita lebih mendekati nilai nilai kebenaran. Karena cara berfikir kita dibentuk  dan dijejali dengan nilai nilai kebenaran. Inilah tugas kita sebagai manusia yang oleh Allah diberi kekuasaan sebagai Khalifah di muka bumi ini. Khalifah disini kita artikan sebagai pengelola, jadi bagaimana kita mengelola ilmiah ini dengan akal kita, dengan iman kita dengan keyakinan kita sehingga dunia ini penuh kemaslahatan, kedamaian,keamanan dan ketentraman.
    Oleh sebab itu ketika kita sholat awal sholat kita mengucapkan Allahuakbar  Allah yang maha besar, dan akhir dari sholat kita mengucapkan assalamualaikum warrahmatullah ketika kita mengucakan salam itu ke kanan dan salam itu ke kiri  berarti bagaimana kita menggunakankekuatan akal kita, kita gunakan untuk memberikan kedamaian di lingkungan sekitar dikanan dan kiri kita. Bagaimana kita menggunakan penguasaan kita terhadap teknologi itu untuk kemaslahatan sehingga teknologi yang kita kuasai bisa untuk menyejukan kiri kanan kita. ( Jodhie _ SJAM )

    0 komentar:

    Posting Komentar