Popular Post

Pengunjung

  • Breaking News
    Loading...
    Rabu, 17 Juli 2013

    Semarak Ramadhan 1434 H Di Kabupaten Jombang


    Tingkatkan Imtaq : Dari kiri Bupati Suyanto, Di  Radio SJ- AM Barozi siaran
    Bulan Ramadhan 1434 H telah tiba. Bulan yang penuh ampunan dan barokah ini disambut dengan gembira oleh umat muslim di Kabupaten Jombang. Guna menciptakan suasana kondusif dan menjaga kesucian Bulan  Ramadhan yang penuh berkah dan ampunan dikota santri,  pemerintah Kabupaten Jombang mengeluarkan instruksi  untuk menghormati umat Islam yang tengah menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Yakni melalui Instruksi Bupati Jombang Nomor 1 Tahun 2013 yakni Tentang Kegiatan Untuk Menghormati Bulan Ramadhan Tahun 1434H/2013M .

    Bupati Jombang  Suyanto mengeluarkan instruksi kepada jajaran SKPD dilingkup pemkab Jombang untuk ditindaklanjuti di masyarakat Kabupaten Jombang.Instruksi tersebut diantaranya memerintahkan kepada pemilik restoran, rumah makan , warung-warung yang terpaksa buka pada siang hari agar memasang tabir. Pemilik bioskop atau pertunjukkan-pertunjukkan dan hiburan malam lainnya, agar mulai menjalankan pertunjukkanya setelah sholat Taraweh yaitu pada pukul 20.30 WIB. Pemilik usaha hiburan playstation atau game station dan warung internet agar menutup usahanya pada saat menjelang magrib sampai dengan setelah selesai sholat Taraweh.

    Orang orang yang tidak berpuasa hendaknya menghormati orang yang berpuasa, antara lain dengan tidak makan, minum dan merokok ditempat terbuka. Menegakkan larangan semua bentuk usaha industry petasan, bentuk kembang api dan sejenisnya. Melarang masyarakat umum untuk menyulut atau membakar petasan.

    “Tentusaja dibulan yang penuh berkah ini, kepada umat muslim mari  berlomba lomba untuk   semakin meningkatkan amalan ibadah. Yakni dengan menyelenggarakan sholat Taraweh, Tadarrus Al Qur’an, Pengajian dan sebagainya. Baik  di masjid, langgar, mushola dan tempat-tempat lainnya secara tertib”, tutur Bupati Suyanto

    Khusus untuk kegiatan Tadarus yang menggunakan pengeras suara luar ruangan,  dianjurkan sampai dengan pukul 22.00 WIB dan dapat dilanjutkan kembali pada saat menjelang subuh.

    Saat membuka Festifal Gunungan Apem dan pasar ramadhan di GOR Merdeka Jombang, (9/7) petang. Bupati Suyanto menyampaikan ucapan selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan kepada umat muslim. “Atas nama pemerintah Kabupaten Jombang, saya mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan, semoga ibadah  ini  semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT, dan kepada masyarakat Jombang saya berharap dengan adanya pasar ramadhan dapat membangun tali silaturahmi dan persaudaraan, serta bermanfaat bagi semua”, pungkasnya.

    Sementara itu, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Jombang, H. Barozi  pada saat  yang sama memilih menyampaikan sambutan awal ramadhan di media  radio Suara Jombang AM  (eks RKPD Jombang).  Barozi menghimbau kepada umat muslim Jombang untuk selalu arif dan bijaksana dalam menyikapi perbedaan dalam menentukan awal Ramadhan pada tahun 2013 ini.

    “Atas nama Kantor Kementrian Agama Kabupaten Jombang saya menghimbau hendaknya perbedaan tersebut tidak dijadikan pemicu pertentangan atau bahkan perpecahan ditengah  masyarakat apalagi sampai mengganggu sendi sendi Ukhuwah Islamiyah yang sudah terbangun selama ini,” tutur Barozi.

    Dalam mengisi kegiatan yang bermanfaat selama bulan  ramadhan ini banyak sekali kegiatan yang akan diselenggarakan oleh Kantor Kemenag Jombang diantaranya adalah program Dakwah Islam bekerjasama dengan radio milik Pemkab Jombang, yaitu Radio Suara Jombang AM (RKPD Jombang). Dimana masyarakat kabupaten Jombang dapat langsung mendengarkan melalui frekwensi AM 792 Khz. Diantaranya program dialog interaktif (Forum Tanya Jawab Islam) jam 03.00 WIB  hingga jelang imsak; Tadarrus Al Qur’an setiap jam 21.00 dan Mutiara Ramadhan mulai jam 16.30 hingga jelang magrib. Acara ini juga dapat diakses di radio streaming melalui www.jombangkab.go.id/ www.sjam792.blogspot.com.

    Serta kegiatan yang lain yaitu  menggalakkan kegiatan di lembaga pendidikan seperti pondok ramadhan atau pesantren ramadhan,  dengan isian materi  tentang penuntasan baca tulis Al Quran, pembiasaan akhlakul karimah,wisata rohani dan ibadah ramadhan yang lain.

    “Hal ini juga kita sampaikan  kepada sekolah –sekolah di Kabupaten Jombang, karena kegiatan tersebut sangat penting dalam rangka mengisi kegiatan ramadhan agar anak anak dapat terkonsentrasi pada kegiatan yang positif bukan disibukkan pada kegiatan yang tidak produktif,” tutur Barozi.

    Dan kepada masyarakat yang tidak menjalankan ibadah puasa juga dihimbau untuk menghormati orang orang yang sedang berpuasa. “Kepada pemilkik warung, depot makanan atau tempat tempat penyedia menu makanan untuk mengurangi tampilan yang dapat menggangu orang yang sedang berpuasa,” himbau Barozi.

    “Suasana kondusif di Kabupaten Jombang yang sudah terpelihara dengan baik ini semoga dapat kita pertahankan. Dan bulan ramadhan yang penuh berkah ini dapat kita nikmati dengan menjalankan ibadah puasa dengan baik,”pungkas Barozi.

    Pada setiap bulan Ramadhan Pemkab Jombang juga menyelenggarakan Taraweh keliling (Safari Ramadhan Bupati Jombang beserta Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Jombang dan Tim Safari Ramadhan). Kegiatan yang bertujuan untuk silaturahim dan mendekatkan diri antara ulama dan umaro. Tahun ini akan dimulai tanggal 11 s/d 23 Juli 2013, di 7 (tujuh) kecamatan terpilih. Pada kegiatan itu juga dilaksanakan santunan kepada anak yatim dan janda miskin, serta penyerahan bantuan kepada masjid dan mushola.

    Sholat Taraweh juga digelar di masjid Agung Baitul Mu’minin Alon –Alon Jombang. Masjid yang telah diresmikan oleh Kapolri Timur Pradopo ini, setiap bulan ramadhan bacaan sholatnya mengkhatamkan A Qur’an dengan lantunan yang indah. Imam sholat adalah para qori terbaik Jombang yang hafal Qur’an/hafidz.

    Tidak hanya itu, pada tiap bulan suci Ramadhan, di masjid pemkab Jombang para aparatur pemkab Jombang melaksanakan  Sholat Dhuhur  secara berjamaah yang dilanjutkan dengan ceramah agama (kultum). Demikian juga saat sholat Jum’at berjamaah dengan masyarakat sekitar.

    Peringatan Nuzulul Qur’an yang diselenggarakan oleh Pemkab Jombang akan dilaksanakan pada 29 Juli 2013 di masjid Agung Baitul Mu’minin, Alon Alon  Kabupaten Jombang. Dengan menghadirkan  penceramah KH. Husain Ilyas, kyai karismatik dari Mojokerto.

    Dan sudah menjadi agenda rutin, yakni Buka Bersama Bupati, Forum Pimpinan Daerah, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat akan diselenggarakan  pada 2 Agustus 2013 di Pendopo Pemkab Jombang.

    Setiap jelang lebaran pemerintah Kabupaten Jombang juga memberikan  bingkisan lebaran kepada abang becak, pemulung,pasukan kuning dan PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial).  bingkisan Untuk tahun ini bingkisan lebaran sebanyak 5500 paket  akan diserahkan pada 1 Agustus 2013 bertempat dilapangan Pemkab Jombang.

    Pada malam takbir, Bupati bersama dengan Forpimda selalu melakukan kegiatan pemantauan posko Lebaran di 10 titik pantau. Pemkab Jombang, untuk kegiatan malam Gema Takbir akan  dilaksanakan di Masjid Agung Baitul Mukminin Alon Alon Jombang. Demikian juga untuk Sholat Idul Fitri. (Jodhi/Wati_SJAM)

    Jombang, 10 Juli 2013
    Radio Suara Jombang AM 792 Khz

    0 komentar:

    Posting Komentar