Popular Post

Pengunjung

  • Breaking News
    Loading...
    Jumat, 13 Desember 2013

    Dengan Lumbung : Upaya Penyediaan Pangan Berkelanjutan



    Memantapkan ketahanan pangan masyarakat merupakan prioritas utama dalam pembangunan karena pangan merupakan kebutuhan yang paling dasar bagi sumber daya manusia suatu bangsa. Berbagai dampak merugikan akibat kekeringan, banjir, bencana alam menyadarkan kita bila daerah ini belum memiliki system  ketahanan pangan (food security) yang bisa diandalkan. Mengaca dari hal tersebut maka pada hari Kamis (12/12) Kantor Ketahanan Pangan mengadakan Apresiasi Lumbung Pangan Desa di Kecamatan Ploso Jombang.

    Kepala Kantor Ketahanan Pangan, Ir. Nur Aini MM., mengatakan bahwa kegiatan ini sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 6 tahun 2001 bahwa lumbung pangan masyarakat adalah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat yang bertujuan untuk mengembangkan penyediaan cadangan pangan dengan system tunda jual, penyimpanan, pendistribusian, pengolahan dan perdagangan bahan pangan yang dikelola secara berkelompok. Di Kabupaten Jombang sampai saat ini terdapat 296 lumbung pangan, dari jumlah lumbung tersebut yang termasuk kategori lumbung modern hanya 15 lumbung, sisanya masih lumbung sederhana.

    Bupati Jombang, Drs. Ec. H. Nyono Suharli, bersama dinas terkait berupaya untuk mendorong lumbung pangan ini menjadi lumbung modern dengan adanya dana stimulant dari pemerintah daerah, provinsi maupun pemerintah pusat dalam bentuk modal usaha berupa uang maupun barang, serta fasilitas sarana dan prasarana lumbung pangan. Dengan demikian cadangan pangan masyarakat kita melalui lumbung semakin mantab. “Dalam upaya penyediaan pangan secara berkelanjutan, masyarakat desa biasanya menyimpan padi dalam lumbung, hal ini sudah dilaksanakan sejak nenek moyang kita”, imbuhnya. Peran lumbung dimasa lalu masih bersifat social dan sebagai tempat penyimpanan hasil panen yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pada saat musim paceklik. Pada saat ini, tambah Bupati dalam sambutannya, “Peran lumbung pangan sangat strategis oleh karena itu perlu saya tekankan bahwa lumbung di Kabupaten Jombang bisa menjadi lumbung pangan yang modern dimana lumbung pangan harus mampu berperan ganda tidak hanya menjalankan fungsi social tetapi juga harus berfungsi ekonomi sehingga dapat mensejahterakan anggota dan masyarakat di sekitarnya.

    Pada kesempatan itu juga, Kepala Balai Pengkajian Tehnologi Pertanian Provinsi Jawa Timur memberikan materi berupa kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang ada di PKK Kabupaten Jombang. Kegiatan tersebut diantaranya adalah pemenuhan kebutuhan pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) sebagaimana tertuang dalam UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang pangan. Bentuk cadangan pangan tidak hanya beras, tetapi bisa berupa umbi-umbian seperti singkong, ubi jalar, talas, ganyong dan garut. (aries humas jombang)

    0 komentar:

    Posting Komentar