Popular Post

Pengunjung

  • Breaking News
    Loading...
    Kamis, 05 Desember 2013

    Ketua TP PKK Jombang Hj.Tjaturina Pimpin Langsung Penilaian Lomba PKK- KB Kes



    Ir. Hj. Tjaturina Whandoko Ketua TP-PKK Jombang
    Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang Ir. Hj. Tjaturina Wihandoko MM, yang baru dilantik pada 24 September 2013 langsung blusukan  kedesa-desa. Istri Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko  yang akrab disapa Bu Nyono ini memimpin langsung jalannya penilaian lomba PKK KB Kesehatan di 21 desa yang ada di 21 kecamatan di kabupaten Jombang, bersama tim dari PKK dan gabungan Dinas Instansi di lingkup pemkab Jombang.

    Penilaian lomba adminitrasi PKK dan KB Kes tingkat Kabupaten Jombang ini telah dimulai sejak 29 Nopember 2013 sampai 17 Desember 2013.  Lomba ini melibatkan seluruh pengurus PKK Kabupaten,  juga unsur  dinas instansi terkait  sebagai tim penilai. “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu cakupan pelayaan KB melalui pemberdayaan masyarakat termasuk meningkatkan kwalitas  pelaksanaan 10 program pokok PKK “, tutur Bu Nyono.

    Melalui PKK KB-KES diharapkan mampu memotivasi masyarakat guna   meningkatkan peran aktif seluruh lapisan masyarakat dalam pembangunan, sehingga tercapai harapan dan tujuan meningkatkan kesejahteraan keluarga, sebagaimana visi misi Jombang Sejahtera Untuk Semua. 

    Dijelaskannya untuk kriteria yang dilombakan diantaranya yaitu pelaksanaan terbaik gerakan PKK KB, Pelaksanaan Posyandu, Pelaksanaan Perilaku terbaik Hidup Bersih dan Sehat, dan pelaksanaan lingkungan bersih dan sehat, ditambah dengan Kelompok Pendukung ASI sehingga kedepan cakupan KP ASI meningkat dan  keluarga harmonis.  “Kegiatan ini sangat penting untuk dijadikan evaluasi guna perbaikan kedepan, agar kita dapat mengetahui sejauh mana yang selama ini telah kita lakukan,” tandasnya.

    Dalam setiap kegiatan monitoring dan evaluasi PKK KB Kes, Ir.Hj. Tjaturina Wihandoko juga  menyerahkan bantuan makanan tambahan kepada balita gizi kurang. Bantuan kesehatan ini merupakan salah satu bentuk kepeduliaan dan program pembangunan kesehatan diarahkan untuk mencapai pertumbuhan perkembangan yang optimal, menghindari terjadinya kekurangan gizi.

    Ketua TP. PKK Kabupaten Jombang saat blusukan ke desa-desa selalu mengajak masyarakat untuk melakukan Pemanfaatan Pekarangan, Pemanfaatan Toga, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga  (UP2K), Meningkatkan program dan pelayanan posyandu, juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjadi motivator ASI, karena KP ASI Kabupaten Jombang adalah terbaik nasional. 

    Menurut Hj. Tjaturina, pekarangan dapat memberikan hasil apabila ada keseriusan dalam pengelolaanya. “Kalau ada lahan kosong, biarpun sedikit di sekitar rumah, coba tanami dengan sayuran atau buah-buahan. Kalau serius, saya yakin pasti akan menghasilkan baik untuk konsumsi pribadi ataupun komersil,” ujarnya.
    "Mari mulai sekarang kita manfaatkan lahan pekarangan kita untuk menanam obat-obatan tradisional, tanaman dapur yang bermanfaat, jangan di biarkan kosong atau malah di paving ya bu”,  ajak istri Bupati Jombang Nyono Suharli ini.

    Sementara Kepala BPPKB, dr. Suparyanto mengatakan bahwa kerjasama dengan TP-PKK sangat penting di lakukan. Alasannya, PKK dan BPPKB punya program dan tujuan yang sama.
    Saat berada di desa Sumobito Kecamatan Sumobito, tim monev PKK KB Kes juga berkesempatan bertemu dengan delegasi Vietnam yang sedang belajar tentang  pelaksanaan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat). Tim yang dipimpin oleh Mr. Nguyen Thanh Ha ini, juga terkesan dengan kegiatan PKK KB Kes. Pada kesempatan tersebut Mr. Nguyen Thanh Ha memberikan cindera mata kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang. (Wati_Humas Jombang)

    Jombang, 3 Desember 2013
    Radio Suara Jombang AM 792 KHz

    0 komentar:

    Posting Komentar