Popular Post

Pengunjung

  • Breaking News
    Loading...
    Jumat, 13 Desember 2013

    Sinergi Menanam Pohon Di Waduk Gondang



    Bupati Jombang Nyono Komitmen Menjaga Kelestarian Alam

    Pencanangan penanaman satu milyar pohon dalam rangka hari menanam pohon Indonesia (OBIT) dan bulan menanam nasional serta perempuan tanam dan pelihara pohon di Kabupaten Jombang diadakan di Waduk Gondang Desa Sumbergondang Kabuh (12/12) diikuti oleh seluruh Forpimda, SKPD dan masyarakat hutan serta siswa sekolah di sekitar lokasi. Waduk yang menjadi tempat penampungan air bagi penduduk di sekitar desa disaat musim kemarau ini menjadi pusat acara OBIT di Kabupaten Jombang.


    Drs. Warto MSi, dalam laporannya mengatakan bahwa agenda tahunan ini juga merupakan agenda tahunan di tingkat nasional. Dipilihnya Waduk Gondang ini sebagai pusat penananam pohon karena disamping akses yang bisa dijangkau oleh seluruh masyarakat, tempat ini merupakan sumur bagi warga sekitar untuk mengairi sawah saat musim kemarau. Oleh karena itu sebagai upaya untuk menjaga kelestarian alam yang ada di sekeliling waduk maka perlu adanya tindakan reboisasi. “Kebiasaan menanam pohon sudah ada sejak dulu manakala setiap pria dan wanita yang akan melangsungkan pernikahan diharuskan menanam pohon 2 buah supaya kelak jika pohon sudah besar maka buahnya akan memberikan manfaat bagi mereka”, imbuhnya.


    Sebelum memberikan sambutan, Bupati Jombang, Drs. Ec. H. Nyono Suharli, terlebih dahulu melakukan penanaman pohon di sekitar waduk diikuti oleh seluruh forpimda serta melepaskan benih ikan untuk menjaga biota ikan yang ada di waduk tersebut. Dalam sambutannya bupati berpesan kepada semuanya untuk tidak henti-hentinya mejaga dan melestarikan alam di sekitar kita, semoga apa yang telah kita tanam hari ini bisa dilestarikan hingga kelak akan menghasikan keuntungan di kemudian hari. Apresiasi dan penghargaan kepada seluruh stakeholders, elemen masyarakat dan warga masyarakat tanpa terkecuali atas sinergitas, kepedulian dan upaya nyata dalam mendukung program penghijauan dan ikut melestarikan hutan dan lingkungan hidup. “Peran serta Perum Perhutani KPH Jombang dan Mojokerto, para pimpinan perusahaan industry perkayuan, para pemerhati hutan termasuk LMDH sangat diperlukan dalam usaha ini”, tambah Bupati. 


    Pada kesempatan tersebut Bupati juga menyerahkan bantuan bibit pohon yang berasal dari Kebun Bibit Rakyat sebanyak 324.079 batang, BP-DAS Brantas sebanyak 15.000 batang, PT. Aliance One Indonesia sebanyak 2.490 batang, Kodim 0814 sebanyak 2.000 batang, Perum Perhutani KPH Jombang sebanyak 500 batang dan dari APBD sebanyak 200.000 batang. (aries humas jombang)

    0 komentar:

    Posting Komentar