Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Selasa, 10 Juli 2012

    Stop Perploncoan Siswa, Bangun Karakter Dan Anti Narkoba




    Pembukaan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) di Kabupaten Jombang untuk tingkat SMP/MTs , SMA, SMK, dan MA secara serentak dimulai  pada Senin( 9 Juli 2012)pagi.  Pembukaan (MOPDB) tahun ini selaku pembina  upacara adalah jajaran pejabat dilingkup pemerintah Kabupaten Jombang. Mulai dari  Bupati, wakil Bupati, Sekda, Forpimda, Forpim kecamatan,  Kepala SKPD dan Camat se Kabupaten Jombang.


    MOPDB atau yang dikenal dengan  MOS adalah sebagai media bagi para siswa untuk saling mengenal dan beradaptasi dengan lingkungan barunya. Tujuannya adalah untuk membangun motivasi siswa untuk berprestasi melalui perubahan paradigma/mind set siswa, meningkatkan daya pikir melalui “Brain Gym” serta menumbuhkan nilai – nilai positif (kerjasama, empathy, kreativitas, problem solving, dan  lain – lain) 

        .
    Wakil Bupati Jombang  Drs. H. Widjono Soeparno Msi saat menjadi Pembina upacara di MAN Jombang  mengungkapkan bahwa sebagaimana komitmen pemkab Jombang bahwa MOPDB adalah momentum penting bagaimana untuk pembentukan karakter anak yang lebih bagus.  “Jajaran pejabat di pemkab Jombang memiliki tugas penting  bagaimana agar MOPDB bukan lagi menjadi ajang penyiksaan, perploncoan atau ajang balas dendam para senior, tapi dalam pengenalan ini lakukan dengan suasana persahabatan, kasih sayang dan berikan materi yang positif”, tutur Wabup Widjono Soeparno.


    Terkait bahaya narkoba yang terus mengkawatirkan dampaknya bagi generasi muda juga disampaikan .  Demikian juga pentingnya menuntut ilmu atau wajib belajar bagi siswa hingga kelas XII atau setingkat SMA/MA/SMK. “Diharapkan dengan pembina upacara dari unsur pejabat di pemkab Jombang maupun muspida, muspikan para siswa mendapatkan informasi baru dan  segera direspon oleh mereka”, tandasnya.


    Drs. H. Ahmad Hasan, M.Pdi. kepala sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Jombang mengungkapkan,  sebagai sekolah adiwiyata juga sekolah sehat di Jombang pada MOPDB  kali ini akan mengenalkan materi sekolah sehat, juga sekolah adiwiyata  termasuk yang ada dalam 8 goals program UKS kepada 410 siswa baru. Termasuk memberikan materi reproduksi remaja, menanggulangi  narkoba juga kegiatan  PBB dan lain-lain . “Kami juga bekerjasama dengan dinas instansi terkait untuk penyampaian materinya”, tuturnya.  Ditambahkan pula oleh Ahmad Hasan  di  MAN Jombang   ini sudah sejak lama menghilangkan ajang perploncoan. “ Justru kita mengenalkan bagaimana  cara belajar kreatif inovatif dan menyenangkan, serta mencoba untuk mengembangkan sekolah entrepreneurship pada para siswa”, pungkasnya.



    Sejumlah pejabat yang menjadi Pembina upacara pada pagi itu disebar disetiap sekolah. Bupati Jombang yang sedianya berada di SMAN 2 Jombang diwakili oleh Asisten Ekonomi Pembangunan Drs. Hasan MSi. Sementara H. M. Munif Kusnan SH, MSi berada di SMPN 1 Jombang. (Wati_SJAM)


    Jombang, 9 Juli 2012
    Radio Suara Jombang AM 792

    0 komentar:

    Posting Komentar