Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Selasa, 02 Agustus 2011

    Tradisi Grebek Apem Tandai Awal Ramadhan

    Tradisi grebek jajanan apem yang digelar pemerintah kabupaten Jombang dalam rangka menyambut datangnya 1 Ramadan 1432 H kembali digelar di halaman depan GOR Merdeka Jombang, Senin (1/8/2011) sore.

    Sebelum acara dimulai, gunungan yang berisi ribuan apem itu sudah disiapkan di depan GOR Merdeka. Sementara itu, pengunjung yang hadir sudah memenuhi Jalan Raya Merdeka sejak sore. Mereka ingin menyaksikan kirab gunungan apem spektakuler dan berebut kue apem tersebut. Tradisi tersebut merupakan agenda rutin Kabupaten Jombang saat buka puasa pertama.

    Mendekati detik-detik buka puasa, 10 orang yang berdandan ala Besut membawa gunungan tersebut ke arah Jalan Merdeka. Pengunjung yang sudah hadir semakin tidak sabar. Mereka saling desak dan saling dorong. Entah siapa yang memulai, tiba-tiba para pengunjung tersebut menjarah gunungan berisi apem. Penonton yang berada dibelakang pun tak mau ketinggalan. Mereka ikut merangsek maju ke depan dan mengambil aneka apem yang dicetak dengan warna warni yang cantik itu.

    Tidak kurang dari 15 menit, gunungan yang berisi ribuan apem dari bahan non beras itu ludes. Tradisi grebek apem tersebut sekaligus menandai dibukanya pasar Ramadan yang bertempat di sepanjang jalan Merdeka. Acara tersebut dibuka secara langsung oleh wakil bupati Jombang, Widjono Soeparno. "Pasar Ramadan ini sudah kita gelar enam tahun lebih. Semoga hal itu bisa menggerakkan perekonomian
    masyarakat," tutur Widjono saat sambutan. (WATI_SJAM)

    Jombang, 2 Agustus 2011
    Tim Liputan Suara Jombang AM

    0 komentar:

    Posting Komentar