Popular Post

Pengunjung

  • Breaking News
    Loading...
    Sabtu, 25 Juni 2011

    SUYANTO TERIMA SETYALENCANA PEMBANGUNAN PEMBERDAYAAN PERTANIAN BERKELANJUTAN

     

    2505Sekali lagi prestasi pembangunan Kabupaten Jombang mendapatkan pengakuan di level nasional. Bersama empat Bupati dan Pakde Karwo Gubernur Jawa Timur, Bupati Jombang Suyanto menerima Setyalancana Pembangunan dari Presiden Republik Indonesia. Penyerahan penghargaan itu sendiri dlakukan di sela kegiatan PENAS ke 13 Tenggarong, Kutai Kertanegara, Kaltim.
    Bupati Jombang menerima penghargaan itu sebagai apresiasi atas  komitmennya dalam membangun sektor pertanian melalui pemberdayaan pertanian organic dan kemandirian petani dalam memproduksi pupuk organic. “ Penghargaan ini  merupakan bentuk apresiasi dan pengakuan resmi dari pemerintah atas kerja keras para petani, kelompoktani dan aparatur Kabupaten Jombang,” ujar Suyanto.
    Sebagaimana diketahui sejak 2007 Kabupaten Jombang getol membangun pertanian melalui pemberdayaan pertanian organic. Kelompoktani dilatih untuk membuat dan mengaplikasikan MOL (Mikroorganisme LOkal), Pesnab (Pestisida Nabati) dan berbagai bahan-bahan local untuk menyuburkan tanamannya. Selain peningkatan kualitas SDM, pembangunan pertanian berkelanjutan di Jombang juga dilakukan melalui upaya penguatan kelembagaan. Berbagai kelembagaan seperti IPPHTI (Ikatan Petani Pengendalian Hama Terpadu Indonesia) AP3O (Asosiasi Petani Pengembang Pupuk Organik) diperankan maksimal untuk mendorong kegiatan pertanian ramah lingkungan. “ Saya senang sekaligus bangga dengan para petani dan kelompoktani yang mampu memproduksi pupuk yang digunakan. Ini adalah bentuk kemandirian sebagai warga,” terang Bupati Suyanto  beberapa saat setelah menerima penghargaan.
    Suyanto berharap apa yang telah dilakukan petani dalam menyediakan sarana produksi dalam bentuk pupuk organic semakin ditingkatkan kualitasnya. Para petugas juga supaya semakin intens dalam melakukan pendampingan kepada kelompoktani. “Penghargaan yang kita terima harus menjadi motivasi untuk semakin meningkatkan kinerja, “ ujar Suyanto.
    Penerimaan penghargaan itu sendiri melengkapi sukses Suyanto dan KTNA Jatim memboyong PENAS ke 14 di Jawa Timur pada tahun 2014. “Bukti kita layak mendapatkan penghargaan ini akan disaksikan oleh para peserta PENAS 14 di Jatim Nanti. Mereka akan kita ajak belajar secara langsung di lapang bersama para kelompoktani. Tidak sekedar temuwicara di kelas,“ pungkas Bupati yang juga Ketua KTNA Jatim itu. (Akhmad Jani - Disperta untuk Humas)

    0 komentar:

    Posting Komentar