Popular Post

Pengunjung

  • Breaking News
    Loading...
    Sabtu, 25 Mei 2013

    Kabupaten Jombang Nominator Peraih Adipura Kencana

    Jombang masuk nominasi penerima Adipura Kencana. Saat ini penilaian Adipura Kencana telah memasuki fase akhir. Pada Juni tahun 2013, penerima  penganugerahan penghargaan di bidang lingkungan itu akan diumumkan. Tim Dewan Pertimbangan Adipura yang di pimpin Ir. Sri Bebasari Msi berkunjung ke Kabupaten Jombang pada, Rabu (22/5).

    Kedatangan Dewan Pertimbangan Adipura kali ini adalah untuk melakukan verifikasi lapangan. Hal itu sehubungan dengan masuknya Kabupaten Jombang sebagai salah satu nominator penerima Adipura Kencana kategori kota sedang tahun ini.

    Kedatangan Tim yang terdiri dari Nur Citra dan Aditia Nugraha  diterima oleh Bupati Jombang Drs. H. Suyanto MM  beserta segenap jajaran kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD),kepala sekolah adiwiyata juga para kader lingkungan di ruang Suro kantor pemkab Jombang.

    Sebelum Bupati Suyanto memaparkan secara rinci program-program pemkab Jombang yang berkaitan dengan kebersihan dan pengelolaan lingkungan. Terlebih dahulu ditayangkan profil pembangunan bidang lingkungan dan capaian  prestasinya. Menurut Suyanto,  kunci sukses keberhasilan dan capaian prestasi Kabupaten Jombang dibidang lingkungan sehingga Jombang dapat bersih indah dan nyaman  terletak pada peran aktif serta partisipasi masyarakat.

    “Ini bukan untuk kepentingan pemkab Jombang saja, tapi yang lebih penting adalah bagaimana membangun budaya masyarakat yang sadar akan kebersihan, yang pasti pemkab Jombang dan jajarannya sangat responsif terhadap keberlanjutan program pembangunan lingkungannya,” terangnya.

    Kabupaten Jombang memang dikenal dengan moto “Jombang Beriman”, Jombang bersih indah dan nyaman. Semangat itulah yang terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dari segi pemerintahannya, banyak program-program pemkab Jombang  yang berwawasan lingkungan yang juga mendapat dukungan masyarakat juga peran perusahaan swasta. Di antaranya upaya pengurangan sampah melalui pemilahan sampah, composting, daur ulang, bank sampah,  TPA Jombang yang terbaik di Jawa Timur dan masih banyak lagi yang lainnya. Bupati Suyanto  juga memaparkan recana aksi daerah terkait program lingkungan.

    Ketua Dewan Pertimbangan Adipura, Sri Bebassari mengatakan, sepak terjang Jombang dalam bidang pengelolaan lingkungan memang sudah tidak diragukan lagi. Dia menilai, partisipasi masyarakat sudah sangat baik. Ada 5 aspek yang   perlu mendapat perhatian dan penting untuk dilakukan demi keberlanjutan program yang sudah baik ini. "Seperti  masterplan pengelolaan sampah yang memenuhi lima aspek yaitu aspek hukum, kelembagaan, pendanaan, social budaya dan tehnologi, dan kedatangan ”, tuturnya.

    Sri Bebassari juga mengungkapkan bahwa kedatangannya  ke Jombang bukan hanya memverifikasi dan menilai dilapangan, tapi justru kedatangannya seperti dokter yang siap memberikan obat untuk mengatasi problem lingkungan yang terjadi. "Saya siap memberikan obatnya apabila daerah mengalami problem lingkungan", tandasnya

    "Tahun ini pendekatan tim juri memang berbeda. Mereka turun langsung ke lapangan. Dari hasil kunjungan itulah yang nantinya dijadikan pertimbangan untuk menentukan kelayakan sebuah kota menyandang predikat Adipura Kencana,” terang Heru Widjayanto kepala Badan Lingkungan Hidup Jombang. (Wati_SJAM)

    Jombang, 22 Mei 2013
    Radio Suara Jombang

    0 komentar:

    Posting Komentar