Popular Post

Pengunjung

  • Breaking News
    Loading...
    Kamis, 02 November 2017

    Perluasan Transformasi Perpustakaan Desa untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia

    Peserta studi banding di Perpustakaan Mastrip Jombang 

    Dalam Pelatihan Fasilitator Perpuseru "Evidence-based Mentoring" yang baru saja digelar Juli lalu, ditekankan dalam membuat Rencana Mentoring dan Presentasi Mentoring harus berdasarkan data yang telah dicapai. Dengan demikian, Mentoring Berbasis Data (Evidence-based Mentoring) bisa dipertanggungjawabkan sesuai apa yang telah ditulis.

    Tujuan utama data adalah bisa lebih meyakinkan dalam hal advokasi terhadap semua Stake Holder, efektivitas dalam perencanaan ke depannya, efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan selanjutnya, dan lain sebagainya.

    Pelatihan yang diadakan selama dua hari di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya tersebut, dihadiri tidak kurang dari 8 Propinsi di seluruh Nusantara, diantaranya Propinsi Jawa Timur, Jawa Barat, Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat dan Papua.
    Selain dihadirkan para Fasilitator dari 8 propinsi, 116 Kabupaten, juga para Tim Sinergi yang mana mewakili masing-masing Propinsi.


    Sebagai Kabupaten Percontohan terhadap Hasil Program Perpuseru Indonesia yang telah berhasil mentransformasikan Perpustakaan sebagai Sumber Informasi dan Pusat Berkegiatan Masyarakat berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat, adalah Perpustakaan Umum Kabupaten Jombang "MASTRIP" atau biasa disebut Perpustakaan MASTRIP Jombang.

    Melalui tangan "mungil" dan "dingin" PIC (Person In Charge) Perpusda Jombang yang sekaligus sebagai Tim Sinergi Jawa Timur mewakili Daerah, serta sebagai Fasilitator Perpustakaan Desa, Akromanudin ,A.Md.Par.,S.Kom.,M.M. telah berhasil mengharumkan dan membawa nama Jombang di kancah Nasional melalui Program Perpuseru Indonesia dengan mendapatkan Penghargaan dalam "Mengembangkan Ekonomi Inovatif Kreatif bagi Pemuda dan Perempuan" melalui Transformasi Perpustakaan.
    Sehingga, beberapa rombongan yang Study Banding ke Jombang (Selasa, 25 Juli 2017) dlm Rangka Transformasi Perpustakaan tersebut, antara lain :
    1. Perpusnas
    2. Bapenas
    3. Kemendikti Jatim
    4. Perpus Propinsi
    5. Perpuseru Indonesia
    6. Perwakilan Tim Sinergi Propinsi :
         - Jatim
         - Jabar
         - Bali
         - Sulawesi Selatan
         - Sulawesi Tenggara
         - Nusa Tenggara Timur
         - Papua Barat
         - Papua

    Ucapan Terima Kasih yang sebesar-besarnya disampaikan oleh Direktur Perpuseru Indonesia, dr.Erlyn Sulistyaningsih kepada Bapak Bupati Jombang dan Ibu Bupati Jombang sekaligus sebagai Bunda Baca, atas Komitmennya yang telah disepakati bersama dalam "Transformasi Perpustakaan sebagai Sumber Informasi dan Pusat Berkegiatan Masyarakat berbasis TIK dalam Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat."

    Dengan adanya Program Perpuseru di Jombang, telah mengangkat dan menjadikan Jombang mendapatkan Penghargaan sebagai Kabupaten dengan "Pengembangan Ekonomi Kreatif Inovatif bagi Perempuan dan Pemuda."
    Harapan kedepannya bisa lebih ditingkatkan dukungan Pemerintah Daerah agar manfaatnya lebih bisa dirasakan oleh masyarakat Jombang. (Akro/Wati)

    0 komentar:

    Posting Komentar