Popular Post

Pengunjung

ARSIP

  • Breaking News
    Loading...
    Minggu, 29 April 2012

    Wawancara Eksklusive Bupati Suyanto (Jombang Peringkat 5 Kinerja Terbaik)

    Tanya    : Untuk kali kedua secara berturut –turut Kabupaten Jombang menerima penghargaan tertinggi untuk Kinerja Penyelenggara Pemerintah Daerah terbaik se Indonesia, tahun lalu berada diperingkat pertama, dan kini diperingkat lima,  tentu bukan hal yang mudah untuk menjaga konsistensi ini. Bagaimana pandangan Bapak dengan prestasi ini. 

    Jawab : Memang itu yang menjadi  komitmen kami,  itu yang menjadi  misi kami didalam menyusun perencanaan RPJMD, perencanaan tahunan sampai pada pelaksanaan kegiatan hingga evaluasi. Memang.. kita sejak awal telah  mencoba menggunakan survey didalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga apa yang menjadi keluhan, apa yang dibutuhkan masyarakat ini dapat kita ketahui. Sehingga dengan demikian  apa yang akan kita lakukan ada indicator yang jelas, ada  ukurannya.  Sehinga dengan demikian kita tidak melakukan denga ukuran kita sendiri. Dengan pola ini  kita bisa tahu persis di dalam pelaksanaan setiap tahun anggaran, sisi-sis  pelayanan yang  mana saja yang harus segera dilakukan perbaikan.
    Bahkan kontrak kinerja  juga telah kita lakukan jauh beberapa waktu yang lalu. Jadi, dari hasil survey,  kita mapping, yang selanjutnya kita  lokakaryakan,  dan  kita rumuskan untuk menjadi satu janji kepala Dinas untuk melakukan perbaikan layanan.  Dimana janji layanan itu ditandatangani oleh Kepala Dinas  disaksikan oleh stake holder dan diketahui bupati. Selanjutnya janji perbaikan layanan itu kita sampaikan ke public, kita publis dengan memasang  di papan informasi dikecamatan juga di website. 
    Setelah dua tahun berjalan kita lakukan evaluasi. Ternyata disetiap evaluasi selalu terjadi pergeseran . Pergeseran-pergeseran yang dikeluhkan masyarakat. Artinya apabila  ada pergeseran,  berarti  sudah ada  upaya untuk memperbaiki . Memang tidak mungkin pemerintah daerah dalam melaksanakan pelayanan bebas dari keluhan dan kekurangan. Namun Justru keluhan-keluhan inilah yang akan menjadi satu hal yang bisa mendorong untuk kemajuan Dinas. Sehingga dengan demikian pelayanan kepada masyarakat  yang dilakukan pemerintah daerah dapat di up dating, dapat diperbaharui, dapat diperbaiki  sesuai dengan dinamika sesuai kebutuhan masyarakat. Inilah  yang kita kembangkan sejak awal,  dan  ini  yang saat ini sedang menjadi satu trend didalam perbaikan  kinerja pelayanan pemerintah kabupaten kota se Indonesia.


    Tanya : Bagaimana pemerintah Kabupaten Jombang menjaga konsistensi ini kedepan, guna mempertahankan prestasi ini.

    Jawab : Terus dilakukan up dating !  Evaluasi juga  harus dilakukan dengan survey. Sebab pastilah  hasil survey akan selalu berbeda hasilnya dari hasil survey sebelumnya.  Sehingga perbaikan yang akan kita lakukan terus up date dan actual, artinya betul betul sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Jadi pasti tidak mungkin ada kata puas. Soalnya…, eskalasi harapan masyarakat semakin besar, tidak mungkin ada kata puas. Tahun lalu Kabupaten Jombang juga mendapat apresiasi sebagai yang terbaik tingkat nasional untuk kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah. Dan tahun kini Alhamdulillah, kita masih bertahan  dan berada di 5 besar. Dan berada di sepuluh besar ini sangat tipis sekali  untuk penilaiannya. Kalau kita menggunakan rasio dari  empat ratus  lebih  Kabupaten kota se Indonesia, lima besar ini  barangkali prestasi yang cukup menggembirakan.


    Tanya : Apa arti prestasi ini bagi Bapak?

    Jawab : Tentu saja  capaian  prestasi penyelenggaraan pemerintahan ini  bukan hanya menggambarkan capaian kinerja Bupati, tapi ini adalah menggambarkan sebuah prestasi  yang telah dicapai oleh seluruh pimpinan SKPD maupun  aparatur pemerintah  Kabupaten Jombang. Sekaligus ini juga atas dorongan dan dukungan dari seluruh stakeholders. Apakah itu ulama , tokoh masyarakat, pemerintahan desa dan sebagainya. Kalau ini tidak ada satu sinergisitas yang kuat, tidak ada persepsi yang sama didalam meningkatkan kinerja pemerintahan, tentu  ini tidak akan dapat kita capai. Artinya ini adalah prestasi bersama (Wati_SJAM)
    .
    Jakarta, 25 April 2012
    LPPL Radio Suara Jombang AM
     

    0 komentar:

    Posting Komentar