Popular Post
- Ketahanan pangan nasional mulai rentan dan rapuh. Pernyataan ini diungkapkan oleh Bupati Jombang, Drs.H Suyanto, MM dalam Rapat Koordinasi...
- Pemisahan Rohman – Rohim, bayi kembar siam dempet pinggul asal Jombang sungguh menyita perhatian public. Bagaimana tidak, kedua bayi anak ...
- Persoalan tembakau memang tak hanya milik Jombang. Masalah pelik yang dialami para petani tembakau ini bahkan sudah menasional. Di kota sa...
- Lomba Tingkat III Pramuka Penggalang :Gotong Royong Dirikan Tenda Untuk mempersiapkan Pramuka Pengalang sebagai kader Bangsa yan...
- Kabupaten Jombang diawal tahun 2012 kembali berhasil mengukir prestasi ditingkat nasional. Penghargaan tersebut diraih oleh Pusat Informasi...
- Program kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di Kabupaten Jombang dimulai. Launching program ini dilaksanakan serentak di dua kecamatan...
- Prestasi membanggakan kembali diraih Bupati Jombang Drs. H. Suyanto MM yang telah terpilih sebagai salah satu kepala daerah di Indonesia y...
Pengunjung
ARSIP
-
▼
2012
(302)
-
▼
April
(18)
- Wawancara Eksklusive Bupati Suyanto (Jombang Perin...
- Wawancara Eksklusive Bupati Suyanto (Jombang Perin...
- Jombang Peringkat Ke-5, Kinerja Terbaik
- Jombang Peringkat Ke-5, Kinerja Terbaik
- Pegunungan Bintang Study Banding Ke Jombang
- Pegunungan Bintang Study Banding Ke Jombang
- Bupati Suyanto Pantau UNAS Tingkat SMP
- Bupati Suyanto Pantau UNAS Tingkat SMP
- HUT Satuan Perlindungan Masyarakat Ke 50 Tahun
- HUT Satuan Perlindungan Masyarakat Ke 50 Tahun
- Peringati TB Dengan Jalan Sehat
- Peringati TB Dengan Jalan Sehat
- Jombang Kembali Masuk Nominasi LPPD
- Jombang Kembali Masuk Nominasi LPPD
- Wonosalam Tampil di Puspa Agro
- Wonosalam Tampil di Puspa Agro
- Sebanyak 24 Wilayah Ikuti Konsolidasi Nasional LKN...
- Sebanyak 24 Wilayah Ikuti Konsolidasi Nasional LKN...
-
▼
April
(18)
Breaking News
Loading...
Minggu, 29 April 2012
Wawancara Eksklusive Bupati Suyanto (Jombang Peringkat 5 Kinerja Terbaik)
Tanya
: Untuk kali kedua secara berturut –turut Kabupaten Jombang menerima
penghargaan tertinggi untuk Kinerja Penyelenggara Pemerintah Daerah
terbaik se Indonesia, tahun lalu berada diperingkat pertama, dan kini
diperingkat lima, tentu bukan hal yang mudah untuk menjaga konsistensi
ini. Bagaimana pandangan Bapak dengan prestasi ini.
Jawab : Memang itu yang menjadi komitmen kami, itu yang menjadi misi kami didalam menyusun perencanaan RPJMD, perencanaan tahunan sampai pada pelaksanaan kegiatan hingga evaluasi. Memang.. kita sejak awal telah mencoba menggunakan survey didalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga apa yang menjadi keluhan, apa yang dibutuhkan masyarakat ini dapat kita ketahui. Sehingga dengan demikian apa yang akan kita lakukan ada indicator yang jelas, ada ukurannya. Sehinga dengan demikian kita tidak melakukan denga ukuran kita sendiri. Dengan pola ini kita bisa tahu persis di dalam pelaksanaan setiap tahun anggaran, sisi-sis pelayanan yang mana saja yang harus segera dilakukan perbaikan.
Bahkan kontrak kinerja juga telah kita lakukan jauh beberapa waktu yang lalu. Jadi, dari hasil survey, kita mapping, yang selanjutnya kita lokakaryakan, dan kita rumuskan untuk menjadi satu janji kepala Dinas untuk melakukan perbaikan layanan. Dimana janji layanan itu ditandatangani oleh Kepala Dinas disaksikan oleh stake holder dan diketahui bupati. Selanjutnya janji perbaikan layanan itu kita sampaikan ke public, kita publis dengan memasang di papan informasi dikecamatan juga di website.
Setelah dua tahun berjalan kita lakukan evaluasi. Ternyata disetiap evaluasi selalu terjadi pergeseran . Pergeseran-pergeseran yang dikeluhkan masyarakat. Artinya apabila ada pergeseran, berarti sudah ada upaya untuk memperbaiki . Memang tidak mungkin pemerintah daerah dalam melaksanakan pelayanan bebas dari keluhan dan kekurangan. Namun Justru keluhan-keluhan inilah yang akan menjadi satu hal yang bisa mendorong untuk kemajuan Dinas. Sehingga dengan demikian pelayanan kepada masyarakat yang dilakukan pemerintah daerah dapat di up dating, dapat diperbaharui, dapat diperbaiki sesuai dengan dinamika sesuai kebutuhan masyarakat. Inilah yang kita kembangkan sejak awal, dan ini yang saat ini sedang menjadi satu trend didalam perbaikan kinerja pelayanan pemerintah kabupaten kota se Indonesia.
Tanya : Bagaimana pemerintah Kabupaten Jombang menjaga konsistensi ini kedepan, guna mempertahankan prestasi ini.
Jawab : Terus dilakukan up dating ! Evaluasi juga harus dilakukan dengan survey. Sebab pastilah hasil survey akan selalu berbeda hasilnya dari hasil survey sebelumnya. Sehingga perbaikan yang akan kita lakukan terus up date dan actual, artinya betul betul sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Jadi pasti tidak mungkin ada kata puas. Soalnya…, eskalasi harapan masyarakat semakin besar, tidak mungkin ada kata puas. Tahun lalu Kabupaten Jombang juga mendapat apresiasi sebagai yang terbaik tingkat nasional untuk kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah. Dan tahun kini Alhamdulillah, kita masih bertahan dan berada di 5 besar. Dan berada di sepuluh besar ini sangat tipis sekali untuk penilaiannya. Kalau kita menggunakan rasio dari empat ratus lebih Kabupaten kota se Indonesia, lima besar ini barangkali prestasi yang cukup menggembirakan.
Tanya : Apa arti prestasi ini bagi Bapak?
Jawab : Tentu saja capaian prestasi penyelenggaraan pemerintahan ini bukan hanya menggambarkan capaian kinerja Bupati, tapi ini adalah menggambarkan sebuah prestasi yang telah dicapai oleh seluruh pimpinan SKPD maupun aparatur pemerintah Kabupaten Jombang. Sekaligus ini juga atas dorongan dan dukungan dari seluruh stakeholders. Apakah itu ulama , tokoh masyarakat, pemerintahan desa dan sebagainya. Kalau ini tidak ada satu sinergisitas yang kuat, tidak ada persepsi yang sama didalam meningkatkan kinerja pemerintahan, tentu ini tidak akan dapat kita capai. Artinya ini adalah prestasi bersama (Wati_SJAM)
Jawab : Memang itu yang menjadi komitmen kami, itu yang menjadi misi kami didalam menyusun perencanaan RPJMD, perencanaan tahunan sampai pada pelaksanaan kegiatan hingga evaluasi. Memang.. kita sejak awal telah mencoba menggunakan survey didalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga apa yang menjadi keluhan, apa yang dibutuhkan masyarakat ini dapat kita ketahui. Sehingga dengan demikian apa yang akan kita lakukan ada indicator yang jelas, ada ukurannya. Sehinga dengan demikian kita tidak melakukan denga ukuran kita sendiri. Dengan pola ini kita bisa tahu persis di dalam pelaksanaan setiap tahun anggaran, sisi-sis pelayanan yang mana saja yang harus segera dilakukan perbaikan.
Bahkan kontrak kinerja juga telah kita lakukan jauh beberapa waktu yang lalu. Jadi, dari hasil survey, kita mapping, yang selanjutnya kita lokakaryakan, dan kita rumuskan untuk menjadi satu janji kepala Dinas untuk melakukan perbaikan layanan. Dimana janji layanan itu ditandatangani oleh Kepala Dinas disaksikan oleh stake holder dan diketahui bupati. Selanjutnya janji perbaikan layanan itu kita sampaikan ke public, kita publis dengan memasang di papan informasi dikecamatan juga di website.
Setelah dua tahun berjalan kita lakukan evaluasi. Ternyata disetiap evaluasi selalu terjadi pergeseran . Pergeseran-pergeseran yang dikeluhkan masyarakat. Artinya apabila ada pergeseran, berarti sudah ada upaya untuk memperbaiki . Memang tidak mungkin pemerintah daerah dalam melaksanakan pelayanan bebas dari keluhan dan kekurangan. Namun Justru keluhan-keluhan inilah yang akan menjadi satu hal yang bisa mendorong untuk kemajuan Dinas. Sehingga dengan demikian pelayanan kepada masyarakat yang dilakukan pemerintah daerah dapat di up dating, dapat diperbaharui, dapat diperbaiki sesuai dengan dinamika sesuai kebutuhan masyarakat. Inilah yang kita kembangkan sejak awal, dan ini yang saat ini sedang menjadi satu trend didalam perbaikan kinerja pelayanan pemerintah kabupaten kota se Indonesia.
Tanya : Bagaimana pemerintah Kabupaten Jombang menjaga konsistensi ini kedepan, guna mempertahankan prestasi ini.
Jawab : Terus dilakukan up dating ! Evaluasi juga harus dilakukan dengan survey. Sebab pastilah hasil survey akan selalu berbeda hasilnya dari hasil survey sebelumnya. Sehingga perbaikan yang akan kita lakukan terus up date dan actual, artinya betul betul sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Jadi pasti tidak mungkin ada kata puas. Soalnya…, eskalasi harapan masyarakat semakin besar, tidak mungkin ada kata puas. Tahun lalu Kabupaten Jombang juga mendapat apresiasi sebagai yang terbaik tingkat nasional untuk kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah. Dan tahun kini Alhamdulillah, kita masih bertahan dan berada di 5 besar. Dan berada di sepuluh besar ini sangat tipis sekali untuk penilaiannya. Kalau kita menggunakan rasio dari empat ratus lebih Kabupaten kota se Indonesia, lima besar ini barangkali prestasi yang cukup menggembirakan.
Tanya : Apa arti prestasi ini bagi Bapak?
Jawab : Tentu saja capaian prestasi penyelenggaraan pemerintahan ini bukan hanya menggambarkan capaian kinerja Bupati, tapi ini adalah menggambarkan sebuah prestasi yang telah dicapai oleh seluruh pimpinan SKPD maupun aparatur pemerintah Kabupaten Jombang. Sekaligus ini juga atas dorongan dan dukungan dari seluruh stakeholders. Apakah itu ulama , tokoh masyarakat, pemerintahan desa dan sebagainya. Kalau ini tidak ada satu sinergisitas yang kuat, tidak ada persepsi yang sama didalam meningkatkan kinerja pemerintahan, tentu ini tidak akan dapat kita capai. Artinya ini adalah prestasi bersama (Wati_SJAM)
.
Jakarta, 25 April 2012
LPPL Radio Suara Jombang AM
Langganan:
Posting Komentar
(Atom)
0 komentar:
Posting Komentar